Rabu, 26 Juli 2017

Definisi Algoritma

  1. Pengantar Algoritma Pemrograman
Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan sintaks
(tatabahasa), setiap instruksi yang ada dan tata cara pengoperasian kompilator atau
interpreter bahasa yang bersangkutan pada mesin tertentu.
Jadi :
“BELAJAR MEMPROGRAM””
TIDAK SAMA DENGAN
“BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN” 
1.1 Algortima dan pemrograman Dasar
Muhammad bin Musa al-Khwarizmi
Perangko dari Rusia pada Gambar di samping ini bergambar seorang pria
dengan nama Muhammad bin Musa al-Khwarizmi. Bagi kalian yang sedang
berkecimpung dalam dunia komputer maka seharusnya mengetahui siapa
orang di samping ini. Dia adalah seorang ilmuwan Islam yang karya
karyanya dalam bidang matematika, astronomi, astrologi dan geografi
banyak menjadi dasar perkembangan ilmu modern. Dan dari namanya
istilah yang akan kita pelajari dalam bab ini muncul. Dari Al-Khawarizmi
kemudian berubah menjadi algorithm dalam Bahasa Inggris dan diterjemahkan menjadi
algoritma dalam bahasa Indonesia.

1.2 Definisi Algortima

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis.

Algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat
memiliki tingkat kerumitan yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu
lama untuk menyelesaikan suatu masalah membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi.

1. 3 Struktur Algortima

 Perhatikan algoritma sederhana berikut :
Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus
dilakukan adalah:
1. Menyiapkan Peralatan Tulis
2. Menulis surat
3. Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup
4. Amplop ditempeli perangko secukupnya.
5. Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya

Algoritma menghitung luas persegi panjang:
1. Masukkan panjang (P)
2. Masukkan lebar (L)
3. Luas P * L
4. Tulis Luas

Pembuatan algoritma mempunyai banyak keuntungan di antaranya:
a. Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang melaksanakannya.b. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
c. Apapun bahasa pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat algoritma:
a. Teks algoritma berisi deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah.Deskripsi tersebut dapat ditulis dalam notasi apapun asalkan mudah dimengerti dan dipahami.
b. Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman. Notasi yang digunakan dalam menulis algoritma disebut notasi algoritmik.
c. Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri. Hal ini dikarenakan teks algoritma tidak sama dengan teks program. Namun, supaya notasi algoritmik mudah ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman tertentu, maka sebaiknya notasi algoritmik tersebut berkorespondensi dengan notasi bahasa pemrograman secara umum.
d. Notasi algoritmik bukan notasi bahasa pemrograman, karena itu pseudocode dalam notasi algoritmik tidak dapat dijalankan oleh komputer. Agar dapat dijalankan oleh komputer, pseudocode dalam notasi algoritmik harus ditranslasikan atau diterjemahkan ke dalam notasi bahasa pemrograman yang dipilih. Perlu diingat bahwa orang yang menulis program sangat terikat dalam aturan tata bahasanya dan spesifikasi mesin yang menjalannya. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program sebenarnya.
e. Algoritma sebenarnya digunakan untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemrograman.
f. Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman

Perhatikan algoritma sederhana berikut :
Algoritma menghitung luas segitiga
1. Start
2. Baca data alas dan kaki
3. Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5
4. Tampilkan Luas
5. Stop

Penjelasan :
Algoritma di atas adalah algoritma yang sangat sederhana, hanya ada lima langkah. Pada
algoritma ini tidak dijumpai perulangan ataupun pemilihan. Semua langkah dilakukan hanya
satu kali.
Sekilas algoritma di atas benar, namun apabila dicermati maka algoritma ini mengandung
kesalahan yang mendasar, yaitu tidak ada pembatasan pada nilai data untuk alas dan tinggi.

Hasil perbaikan algoritma perhitungan luas segitiga
1. Start
2. Baca data alas dan tinggi.
3. Periksa data alas dan tinggi, jika nilai data alas dan tinggi lebih besar dari nol maka
lanjutkan ke langkah ke 4 jika tidak maka stop
4. Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5
5. Tampilkan Luas
6. Stop

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan pokok tentang algoritma. Pertama,
algoritma harus benar. Kedua algoritma harus berhenti, dan setelah berhenti, algoritma
memberikan hasil yang benar.

Contoh : Algoritma Berangkat Sekolah
Mulai
         Bangun dari tempat tidur
         Mandi Pagi
         Sarapan Pagi
         Pergi Ke Sekolah
         Cari Ruang Kelas
         Masuk kelas untuk Belajar
Selesai
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog Archive